Powered By Blogger

Sunday, October 17, 2010

Internet dan New Media

Apa itu Internet?
Internet adalah jaringan yang menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya tanpa dibatasi oleh jarak. Dengan internet kita dapat berbagi informasi dengan manusia yang lainnya, diantaranya berupa text, gambar, audio, video, dan lainnya. Pengaturan integrasi dan komunikasi jaringan internet menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) yang berperan dalam memastikan semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP (Internet Protocol) mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih jalur terbaik transmisi data, memilih jalur alternatif jika suatu jalur tidak dapat di gunakan, mengatur, dan mengirimkan paket pengiriman data. Internet juga menggunakan ISP (Internet Service Provider). ISP ialah yang menyelenggarakan jasa pelayanan internet. Contoh ISP misalnya speedy, first media, netzip, dan lain-lain. Internet memberikan kemudahan dan fasilitas bagi para user di pelosok dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara mengirimkan email, browsing, chatting, dan mencari informasi lainnya.

Kegunaan Internet
Internet berguna di dalam aspek komunikasi,penyedia informasi,dan fasilitas untuk promosi. Internet dapat menghubungkan kita dengan orang lain di seluruh dunia. Misalnya dengan menggnakan email dan chatting. Kemampuan internet lainnya adalah Usenet ,yaitu forum yang disediakan bagi user untuk menukar informasi dan pemikiran di suatu topik melalui bulettin elektronik. Dengan forum ini,user dapat mengirim dan menerima pesan dari orang lain. Internet terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan, sehingga penggunaannya dapat mencari dan mengambil ribuan data base yang terbuka untuk umum melalui jaringan yang disediakan oleh perusahaan, pemerintah, perorangan. Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai alat penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan customernya. Saat ini banyak situs – situs yang melakukan penjualan barang dan jasa maupun pemberi informasi pendidikan melalui internet.

New Media
New Media adalah produk teknologi komunikasi dimedia masa mendatang. Sebelumnya media mengandalkan media cetak dan analog seperti koran, bioskop, televisi, dan radio. Saat ini bahkan kita telah mempunyai beragam alat elektronik digital, bahkan mesin cetak telah diubah oleh teknologi digital yang baru seperti perangkat lunak manipulasi gambar Adobe Photoshop dan alat-alat desktop publishing. Berikut adalah contoh new media, misalnya Internet, Televisi digital, Digital Cinema, Komputer (PC), DVD, CD, MP3 Player, Telepon selluler, Video game,dan sebagainya. New media adalah mencakup kemunculan digital, komputer, dan jaringan teknologi informasi komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknoligi yang termasuk ke dalam new media adalah digital, yang memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, interaktif dan tidak memihak. Perkembangan teknologi komunikasi informasi harus diakui memberikan paradigma baru yang mengubah keseluruhan cara pandang kita tentang berbagai masalah dan persoalan yang ada.

2 comments:

  1. kunjungan balasan....salam kenal sob...keep blogging....

    ReplyDelete
  2. okeh salam kenal juga gan...thanks to kunjunngannya

    ReplyDelete